Raya di Brunei

Lebaran tahun ini kami berhari raya di Brunei pada hari raya kedua dari jakarta setelah berkumpul dengan keluarga besar di Jakarta.. Ini merupakan traveling religi yang menyenangkan. Keputusan ke Brunei memang sedikit mendadak...  Pas banged karena kami tidak mudik ke Payakumbuh mencoba mencari alternatif liburan kemana mana kok mahal.... dan pas coba liat di traveloka tiket ke Brunei masih tersedia dan bapak serta FGH setuju langsung book tiket pesawat. Walaupun hanya beberapa hari di sini, karena dari cerita browsing di internet  bisa mengunjungi pusat wisata penting Brunei hanya dalam 1 hari.


Kami naik Royal Brunei Airlines,  dengan menempuh 2.5 jam dari Jakarta. Sebagian dari penumpang hanya transit menuju ke beberpa negara lain termasuk Dubai. Pengalaman menarik naik royal brunei dengan nuansa Islami. 
Jangan bayangkan Bandar Seri Begawan ramai seperti di Jakarta.  Walaupun demikian kotanya tertib dan tidak macet.
Sesampai di Bandara kami dijemput driver hotel yang bernama Ali. Rupanya ada beberapa tamu juga yang dijemput bersama kami, sedangkan kami sudah berlima. Tak lama sang driver menelpon mobil tambahan. 
Hotel dan bandara tidak terlalu jauh, cukup sekitar 5-10 menit sampai. BSB memang kota yang tidak besar dan tidak macet. Jalanan terlihat lengang...

Hari pertama karena sampai sudah sore dimanfaatkan jalan jalan sekitar hotel. Kebetulan kami membawa sepeda lipat sehingga bisa menjelajahi kota kecil ini dengan mudah.

Malam hari di hari pertama kami ke Gadong night market dan ternyata  karena hari raya pasarnya tutup.  Dan akhirnya kami melipir  ke The mall sebelahnya Gadong night market... jangan bayangkan mall di sini besar dan megah walaupun negara kaya raya namun penuh kesederhanaan. Begitupun masyarakatnya ramah dan sederhana, kental dengan budaya yang kuat menggunakan baju kurung bagi perempuan. Yang unik juga adalah kendaraan umum yang tidak banyak tersedia. Mungkin karena penduduknya sedikit dan tingkat ekokomi yang baik sehingga jarang menggunakan transportasi umum. Jadi relatif yang naik kendaraan umum adalah wisatawan. 😊😬
 
Beberapa tips travel ke Brunei :
1. Kendaraan umum jarang. kami
Menggunakan taxi online yang menggunakan aplikasi yakni DART seperti Grab. bus teredia namun sangt jarang dan terbatas.

2. Colokan listrik di sini menggunakan 3 kaki. Jadi jangan lupa bawa buat ngecharge hp dan power bank. Di hotel juga bisa dipinjam dengan sistem deposit.

3. Berkunjung di hari raya cukup berkesan karena Sultan open house selama 3 hari setelah raya. Dimulai hari raya ke dua ( jam 10 dan jam 14).  Hari raya pertama silaturahim dengan tamu mulia seperti kedubes dan menteri pemerintahan. 

4. Cuaca di Brunei cukup panas sediakan sunblock dan bisa juga membawa payung.


5. Mata uang dollar Brunei setara dengan dollar singapore dan bisa digunakan juga dollar singapore di Brunei.

Penduduknya ramah dan buadaya melayu dan Islamnya kuat... walaupun  bukan negara yang banyak trmpat wisatanya kami ingin suatu kelak nanti bisa berkunjung kembali ke Brunei... Aamin

Saya akan posting di next posting bebeberpa hal tentang Brunei termasuk Berziarah le Istana Nurul Iman 💗💓.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Warso Farm

Lebaran #diRumahAja

Bahagia #DirumahAja