Mengatur kamar Anak, Suatu Ide....

Terinspirasi melihat kepindahan Khadeeja ke kamar sendiri…jadi teringat kamar anak saya:
Image hosted by Photobucket.com Image hosted by Photobucket.com

Ghazy dan Haura sbenarnya sudah punya kamar sndiri, namun Mak Babenya masih gak tegaan aja neeh mbiarkan mereka tidur sndiri khususnya malem hari. Haura dari bayi udah bobok ndiri di kamar (bobo siang hari dan juga malam hari menjelang dipindahin Mama ke kamarnya…. he...he...).



Pernah sih klupaaan, pulang kantor kami capek banget… Haura dah bobo di kamarnya dan aku baru sadar jam 12an malem liat kiri kanan kok nggak ada Adek… Dkirain jatoh, akhirnya tersadar Adek masih dikamarnya… dan pules lagi…(Ahhh legaaaa dech...)
Emang nih Mak dan Babenya aja yang belom siap… Ghazy pun juga begitu… siang hari bobo siang di kamarnya dan malem ngumpul di kamar kami. Terpaksa nih ampe skarang ada ekstrabed di kamar tidur kita. Yagimana yah supaya tega?
Mungkin gak teganya aku karna letak kamar anak dan kamarku emang berjarak (berseberangan ama kamar utama) palagi gak ada connecting door-nya. Dulu gak terpikir juga waktu beli rumah kami itu, karena bukan membangun sendiri alias terima jadi …
Aku tuh ya (mungkin juga smua ibu2 kalee ya) suka dandanin kamar Anak, karena kamar anak itu selain tempat untuk istirahat/bobo juga sebagai area aktivitas. Slain sehat tentunya diharapkan dapat merangsang kecerdasan anak. Misalnya disertai gambar-gambar,, aneka mainan, serta pengenalan warna-warna.
Ada sdikit tips juga nih buat dandanin kamar anak pake border wallpaper. Karena pake wallpaper/wallcover lebih mahal dan butuh yang ahli buat masangnya. Saya coba siasati pake border wallpaper. Kamar dicat dua warna yang ampir senada (muda dan tua tergantung warna yang cucok ma bordernya). Biasanya warna tua untuk bagian bawah. Pada bagian batas warna bisa dikasih border kartun kesenangan anak… Selain itu bisa juga dipake buat ganti suasana kamar. Aku juga masang ndiri aja kok…Nih hasil karyanya
:
Image hosted by Photobucket.com Image hosted by Photobucket.com

Eh iya ada artikel mnarik dari ayahbunda (No 20 Oktober 2003) yang kami pake juga buat referens untuk ngatur kamar tidur anak yang sehat. Gini nih katanya:
Harus memperhatikan sirkulasi udara. Walaupun ruangan ber-AC, sesekali usahakan untuk membuka jendela agar ada pertukaran udara masuk dan keluar ruangan. Alhamdulillah banget, rumah kami kebetulan ngadep Timur, jadi pagi tuh kamar Haura dan Ghazy dapet Sinar matahari dari jendelanya
Bebas debu, karena bayi dan balita rentan alergi. Apalagi bagi mreka yang diwariskan secara genetic. Tentu harus rajin ngepel lantai dan pakum karpet.
Aman, karena aktivitas bayi dan anak tinggi untuk bereksplorasi. Termasuk kabel listrik, stop kontak, sudut benda, juga bahan catnya harus yang non toxic. Trus, barangkali lebih baik meletakkan sesuatu kebutuhan anak yang dapat dijangkaunya, untuk menghindari agar Anak untuk menaiki kursi, meja atau tralis jendela. Bicara soal aman ini penting banget bagi aku karena Ghazy itu aktif banget. (Pernah jatoh dari plafon sgala loh… bagai disambar petir)

Kbetulan juga, Aku dan Ghazy juga Asthma, jadi rumah kami terpaksa nggak dikarpetin. Emang sih rumah jadi sepi nggak ada aksesorisnya di lantei yaak… tapi ya demii lah. Bicara masalah ngatasin debu buat yang berbakat asthma kadang gampang2 susah. Dr Jahja yang biasa nanganin Ghazy pernah bilang agar kasur dibungkus.Cuman panas dan gak nyaman boo, jadi paling tidak pake matras protector. Karena factor pemicu terbesar adalah debu yang bersumber pada kasur. Palagi anak2 paling senang lompat-lompat dan guling2 di kasur. Namanya anak senang bereksplorasi kalo dilarang2 kan gak baek juga lah yaach...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Warso Farm

Lebaran #diRumahAja

Bahagia #DirumahAja