Rasa bersalah

Semua orang mungkin pernah merasakan rasa bersalah. Termasuk saya ini....  Rasa ini perlu untuk pembelajaran namun gak boleh keseringan. Jika tak punya rasa bersalah pakah orang yang sempurna? Tak ada yang sempurna tentunya...
Bahkan ada lagunya  cui....

Tak ada manusia
Yang terlahir sempurna
Jangan kau sesali
Segala yang telah terjadi
Kita pasti pernah
Dapatkan cobaan yang berat
Seakan hidup ini
Tak ada artinya lagi
Syukuri apa yang ada
Hidup adalah anugrah
Tetap jalani hidup ini
Melakukan yang terbaik
Tak ada manusia
Yang terlahir sempurna
Jangan kau sesali
Segala yang telah terjadi
Syukuri apa yang ada
Hidup adalah anugrah
Tetap jalani hidup ini
Melakukan yang terbaik
Tuhan pasti kan menunjukkan
Kebesaran dan kuasaNya
Bagi hambaNya yang sabar
Dan tak kenal putus asa

Rasa bersalah sama anak juga pernah dirasa. Bukan karena sebagai ibu bekerja tapi ya sebagai manusia yang tak sempurna.
Suatu hari saat Uda Ghazy masih SD lupa usia berapa, sekitar kelas 2 atau 3, saya pernah ajak ke mall dan waktu di mall itu Uda gak bisa diem... lari sana sini... Padahal maminya lagi riweuh. Saya cubit lengannya... Ya Allah, cubitan saya gak buat Uda menangis tapi Mama yang setelah itu rasanya teriris iris. Keceriaannya seketika hilang 😭😭 Malah saya yang merasa bersalah kenapa tidak bisa sabar. Saya gak pernah cubit selama ini tapi saya  kok reflek gak sabar... 😭😭😭😭
Ada lagi saat kakak acara mabit di skolahnya saat SD kelas 6. Waktu itu sebelum UN jadi semacam doa bersama dan hadir bersama Orang tua. Dan saya tidak hadir karena saya kira acara biasa.... Minggu depannya saat ke sekolah kakak menunggu anak anak di bawah pohon halaman sekolah, saya diceritakan oleh mama yang lain, saat segelah doa mabit anak anak diminta memeluk ortunya... Bagi yang ortunya tak hadir boleh memeluk mama lainnya atau bu guru... Dan Haura menangis terisak isak memeluk mama lainnya...
Waaah makin saya mewek seketika.... dibawah pohon saya mewek merasa bersalah πŸ˜­πŸ˜‚
Saat Giliran Faiz Mabit saya hadir bersama Bapak karena gak mau terulang lagi. Beda anak beda karakter. Faiz malah cuek bebek... waktu mama menghampiri malah nanya “ngapain mama kesini”  wakakakakk πŸ˜πŸ˜‚

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Warso Farm

Lebaran #diRumahAja

Bahagia #DirumahAja