Inspirasi Perempuan



Indonesia Power sebagai perusahaan pembangkit listrik, boleh dikatakan sebagai perusahaan yang maskulin. Bagaimana tidak jika dilihat dari komposisi pegawai, hanya  11% pegawai perempuannnya. Untuk menduduki posisi Operator, Teknisi maupun engineerboleh dihitung dengan jari perempuannya. Namun demikian kami boleh berbanga karena 2 dari 6 BOD adalah perempuan dan CEOnya adalah seorang perempuan.
CEO kami memiliki kepedulian terhadap gender equality sebagaimana salah satu dari Sustainability Development Goals.  Gender tidak menjadi penghalang untuk berprestasi. Setiap insan Indonesia Power memiliki kesempatan yang sama untuk berprestasi. Kepedulian terhadap pemberdayaan perempuan tidak saja kepada karyawati IP namun juga kepada masyarakat sekitar.

Dalam pembedayaan masayarakat, kami memiliki salah satu tematik program community development yang kami sebut dengan Inspirasi perempuan. Kepedulian kami terhadap pembedayaan perempuan dalam pembangunan berkelanjutan ditandai dengan kebijakan inspirasi perempuan dimana setiap unit harus memiliki miniaml 1 program pemberdayaan perempuan. Tahun 2018 kurang lebih 483 perempuan penerima manfaat Inspirasi perempuan, baik itu dalam perekonomian, lingkungan, pendidikan maupun kesehatan dan terdapat 34 program inspirasi perenpuan.

Inspirasi perempuan Batik Alam misalnya telah memberdayakan 80 orang lebih perempuan dalam melestarikan batik menggunakan pewarna alami seperti mangrove, indigo dan lain lain. Untuk mendapatkan pewarna alami tersebut,  terdapat petani indigo dari kalangan bapak bapak. Begitu pula dalam packagingnya menggunakan pelepah pisang diberdayakan kelompok lainnya dengan menanam pohon pisang.

Seperti apa inspirasi perempuan versi kamu?

Menurut saya.....

1. Kepudulian terhadap perempuan bukan berarti karyawati memiliki kesempatan yang lebih dibanding laki laki. Kesetaraan bukan berarti lebih tinggi namun sejajar.  Bukan berrati perempuan diberikan kemudahan namun diberikan kesempatan yang sama dengan kualifikasi kompetensi yang sama.  Kesetaraan ini bisa di analogikan dengan sepatu kanan dan kiri.  Jika kanan hak nya sama tinggi dengan yang kiri maka dalam berjalan maupun berlari memiliki keseimbangan yang baik. Namun coba jika salah satu hak sepatunya lebih rendah atau lebih tinggi maka tidak akan seimabng dan sulit untuk berjalan..

 2. Perempuan memiliki kemampuan multitasking. Barangkali untuk laki laki tidak mudah memiliki karakteristik sebagaimana perempuan miliki. Bisa melakukkan beberapa pekerjaan dalam satu waktu. Konon ini katanya kurang baik. Saya kadang bisa masak sambil cuci piring, bisa nyapu sambil goteng ikan, bisa sikat gigi sambil nyiapin tas bawaan ke kantor 🙈 wakakkaakk

3. Dan satu lagi jangan pernah lupa dengan kodrad perempuan sebagai ibu dan istri. Di rumah perempuan adalah ibu rumah tangga... 🤗💗


Jakarta, 30 Aprl 2019

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Warso Farm

Lebaran #diRumahAja

Bahagia #DirumahAja