Tetep ASI walo ditinggal Mama

Sungguh hal terberat jika berpisah dengan anak dalam waktu yang cukup lama. Sbenarnya cuma 15 hari tapi karena Faiz masih nenen ASI dari Mamanya tentu hal yang tak mudah. Pertama, karena karena FAiz belum pernah ditinggal nginep barang semalampun. Trus juga keduanya yang pergi adalah Mama dan Bapak. Klo hanya Mama aja kan masih bisa bonding ma Bapak... Karena tujuannya ibadah yaitu umroh, dengan bismillahirohmanirrohiim, Insya allah Faiz, Uda, dan kakak akan dijaga Allah.

Kenapa ga ditunda ajah sampe Faiz agak besaran dulu, minimal udah ga ASI gitu loh?
Syukur Alhamdulillah ibadah umroh kali ini kami dapat dari perusahaan. Jadi kalo ga diambil sayang juga tentunya. Jarang-jarang dapat hadiah dari perusahaan bisa bulan madu sekalian. he...he.. Apalagi tujuannya untuk ibadah. Sapa ya yang ga kepengen datang ke rumah Allah? Dan masih ada kesempatan persiapan sekitar 2 bulanan untuk menabung ASIP buat Faiz.
Mulai deh freezer dipenuhi ma botol-botol ASIP. Sungguh bersyukur pada Yang Maha Pengasih, sebelum brangkat target tabungan tercapai juga. Sekitar 80 botol ASIP. Faiz nenen sekitar 2 kali siang dan 3 kali malam. Jadi 5 X 15 = 75 botol. @100-120 cc. Emang cadangan dikit banget mengingat udah kepepet. Berdoa aja moga ga ada yang rusak ato tumpah. Insya Allah...
Persiapan sbelum berangkat :
Pertama, browsing di internet cari pengalaman dari teman-teman lain. Sempat sharing dengan beberapa Mama Mama lain di milis AFB, tentang cara membawa ASIP dengan penerbangan luar negeri. Bagaimana cara packing, melewati imigrasi dsb. Karena aku niat ASIP bisa dioleh-olehin buat Faiz.
Kedua, sempat tanya pihak penyelenggara kemungkinan nyimpen ASIP di hotel. Perusahaan pake Talbia Aku sempat memastikan bahwa di hotelnya ada freezer. Alhamdulillah lega juga.
Ketiga, aku beli cooler box dan ice blue lagi. Yang ada di rumah kecil dan pasti ga muat buat jangka panjang. Niatnya slama pergi bakalan 'jihat' *Jihat istilah memerah ASI, bukannya jihat itu tidak selalu ikutan berperang, namun juga memperjuangkan yang benar. he...he... Insya Allah memberikan ASI buat Faiz selama 2 tahun* Palagi dulu gagal memberikan ASI 2 tahun pada Ghazy dan Haura.

Sbenarnya program umrohnya sendiri hanya 10 hari yakni 20-30 Maret. Namun karena program ini merupakan peghargaan dari perusahaan, maka acaranya ga cuman ibadah umroh namun juga ada pembinaan SDM yang acaranya di Bandung. Jadi total acara jadi 15 hari yakni dari tanggal 16-30 Maret 08.

FAiz sendiri ga ngerti tentunya bakalan ditinggal. Waktu didadahin pergi, Faiz senyum-senym aja. Begitupun ghazy dan Haura. Mamanya yang sedih. Huuuuuu...

Selama Di Bandung, akyu tetep memerah ASI setiap 3 jam sekali. Niatnya kalo ga sempat pulang ASIP dikirim ke rumah. Sekarang ada Xtrans yang bisa anter kiriman sampe rumah dalam waktu 3 jam. Namun karena acara di hari kedua mayan ga ketat aku sempetin pulang anter ASIP. Mayan, juga 2 liter buat nambah tabungan ASIP. Ga mungkin dong ASIP kubawa ikutan terbang umroh dulu.

Hari pertama berangkat dari Bandung, check out dari hotel jam 05.00 pagi. Sebelum sholat subuh jihat dulu. Yang ini ga mungkin aku simpan. Hiks... sayang ya harus kubuang. Mengingat perjalanan kurang lebih 9 jam penerbangan dan tambah 6 jam perjalanan darat menuju Medinah. Ga mungkin bawa cairan di cabin sehingga harus masuk ke bagasi. Koper yang ke bagasi sudah dibawa dari hotel sejak tengah malam. So... dengan berat hati ASIP dibuang.

Jam 09.00 pagi di Bandara Soekarno Hatta, kendiku sudah penuh lagi. Rombongan kami aja sudah memadati ruang tunggu. (sekitar 250 orang) Toilet langsung antri. Mo merah dimana ya? Alhamdulillah lega juga merah ASI di Disable Toilet. Mbaknya yang jaga ngerti juga pas aku bawa-bawa botol ke toilet, aku cerita mo merah ASI, akhirnya aku merah di Disable Toilet. Kebetulan ga ada yang pake. Alhamdulillah.... Hanya ASIP ga kubawa karena perjalanan yang cukup lama.

Take off sekitar jam 12.10 siang dan ga beberapa lama di pesawat, kendi penuh lagi. Ada 4 pintu toilet di pesawat. Tapi ada perasaan ga nyaman kalo seandainya merah di toilet sedangan ada antrian. Kepikir merah dalam mukena. ha....ha...ha..... Aku bilang dengan teman sebelahku, Mbak Widya dari Surabaya. Blio senyum2 aja. Tapi ga nyaman juga walopun ga kedengaran bunyi srut-srutnya. Aku pindah juga ke toilet.
Hampir setengah isi pesawat rombongan perusahaan, walo belum kenal dekat ya mayan lah selama sejak di Bandung jadi kenal juga. Kebanyak pasangan muda, bahkan suamiku jadi reunian dengan teman-teman angkatan sekolahnya dulu. Termasuk aku yang ketemu teman SMA, Rita. Haiiii Rita....
Selama dalam perjalanan ke Jeddah aku jihat 2 kali di pesawat. Dan setelah sampe Jedah masih sore udah ga sempat jihat lagi. Kendi udah kenceng banged dan baru ada kesempatan buat jihat di toilet lagi dalam perjalanan menuju Medinah. Toilet di mesjid apa ya, lupa namanya. Yang jelas toiletnya cukup banyak jadi amaan....

Sampe di Hotel di Medinah sungguh lega banged. Freezer hotel mayan besar buat nampung ASIP. Jadi selama di Medinah aku nabung ASIP mayang banyak. Kami di Medinah 4 hari. Cooler 6 liter jadi ampir penuh.
Perjalanan dari Medinah ke Mekkah cukup lama yakni 6 jam. Namun sampai di Mekkah ASIP di cooler sudah mencair sehingga menurunkan semangatku untuk membawa ASIP pulang ke Indonesia. Sebab perjalanan bagasi dari mekkah ke Indonesia bisa memakan waktu 24 jam. Tidak ada jadwal nginep di Jeddah sehingga bagasi sudah masuk lebih awal.
Sediiih banged siy setiap membuang ASI, namun ASIP buat Faiz di rumah cukup sehingga aku ga perlu kwatir walopun aku buang.
Aku sms Mbak yang mengasuh Faiz supaya Faiz sering-sering diceritain kalo Mama sedang ibadah dan Mama bakalan pulang lagi dan Faiz bisa mimik ke Mama lagi.

Yang bikin aku terharu saat aku kembali ketemu Faiz. Faiz tidak mengenali Mamanya. Mungkin lebih mengenali Bapaknya. Pas liat wajahku dari jauh Faiz hanya melongo heran. Huuuuu.... sedih deh. Kalo liat Bapak dia masih ketawa. Ini sangat ga biasa, karena setiap aku pulang kantor biasanya Faiz sudah ketawa dari jauh.
Mungkin juga aku terlalu agresif sehingga pas aku sampe aku pengen langsung menyusui Faiz.
Apa yang terjadi? Faiz menolakku mentah-mentah.... Pfuuuuh!
Sampe aku bilang: "Faiiiz... ini mimik Faiz.... coba deh Nak.."
Faiznya tetep nangis dan mendorong kendi.
"Faiz... gigit-gigit dulu juga gapapa Nak..."
Faiz tetep menolak. Makin banjir deh er mataku.... Rasa bersalah meninggalkan Faiz...
Tapi tetep yakin Faiz mungkin perlu waktu.

Malam saat Faiz tidak sadar terlelep dicoba lagi. Pertama ga mau... kedua ga mau... sampe pas udah teler banged kali ya baru mau juga. Alhamdulillah.... Sekali lagi menitikkan er mata. Hi..hi... emak-emak cengeng niy.
Sampe skarang Faiz ga mau lepasin lagi....
Faiz kembali bisa nenen Mama. Dan Alhamdulillah bekal ASIp Faiz cukup selama di tinggal. Faiz sehat dan kliatan tambah gemuk. Mama dan Bapak bangga sama Faiz. Faiz pinter!

Komentar

  1. Duh, terharu bacanya saat Faiz ngelepeh padahal sudah di sodorin, semoga nggak ditinggal lama lagi ya, jadi bisa target 2 tahun terlaksana.
    Aku kayaknya juga mau nyusuitapi sampai setahun aja, dan ini juga targetnya 3 bulan dulu, trus 6 bulan.. trus setahun.... bisa nggak ya sampai 2 tahun.. nggak tahu deh, susah kali ya.

    BalasHapus
  2. Aku baca di milis AFB mbak, baru ke sini. Hehehe. Duuuh, bener-bener perjuangan demi anak yah. Aku juga pengennya bisa gituw, setelah duluw gagal ngasih ASIX ke Nikki. Ihikz :( Doain yaaaaa.

    BalasHapus
  3. hwaaaah...jadi terharu...melihat perjuangan dan tekad myu mbak. Semoga lancar ya mbak,nenenin terus sampai Faiz puazzz

    BalasHapus
  4. Alhamdulillaah, memang perjuangan ibu tiada habisnya yaa...

    Faiz is mommy best buddy

    BalasHapus
  5. negkut terharu loh Mi...be strong ya say...!

    BalasHapus
  6. pertama: selamat atas ibadah umrohnya ya..semoga segala amalannya diterima sm Allah SWT yaa amin..jd haji kecil yg mabrur amiinn...

    Kedua: Selamaaattt karna berhasil ngasiih ASI walopun jarak jauuhh...waduh mba...perlu diconto neh perjuangan ngasih ASI buat anak yaa...aku sampe merinding bacanya secara aku ga bs begt mbaaa...
    boleh dong banyak belajar yaaa...mba..aku kepengen anugrah yg tidak terkira yg diberikan Allah bs dimanfaatin sebaik2nya buat anak yaa...tapi salut lho..itu asinya deras bgt ya...bs berbotol2 gt kl aku ngga bs tuh mba sampai berbotol2 gt. Trus itu susu dimasukin di freezer kalo mau minum diangetin ya mbaaa....menjamin ngga masih baik atau ngga masuk kuman-kuman..maaf ya mba aku banyak tanya bis mau belajar seehh...

    BalasHapus
  7. Jihat ....nya bikin salut mba.......heubat euy...mba rahmi...sun sayang buat Faiz....salam dari Fai ma Dzaky ....

    BalasHapus
  8. Alhamdulillah berakhir bahagia^o^ kan ditinggal ibadah jadi Faiz bener2 berjuang...kek mamanya juga.

    Mi` selamat ya udah menjalankan umroh lagi smoga slalu tambah berkah seluruh keluarganya...

    BalasHapus
  9. subhanalloh perjuangannya hebat pisan. Salut... Alhamdulillah ya semuanya lancar dan Insha Alloh janah balasannya. Daramang semua Bu? punten ih baru bisa datang lagi setelah sekian lama :).

    BalasHapus
  10. salam kenal,
    kebetulan lewat dan singgah agak lama di blog ini.
    Ceritanya bisa jadi pengalaman berharga buat keluarga kami.

    BalasHapus
  11. duh.... hebat mbak Rahmi, sampe terharu aku...
    apa kabar semuanya?

    BalasHapus
  12. alow rahmi, duh senengnya yang baru pulang umroh yah :) alhamdulillah faiz mo nenen lagi ya mi... :)

    soal foto ultrasound.. bukan bu, itu bukan gambar titit... hehehe.. salah deh.. sowalnya pas ultrasound, babynya gerak terus, susah difotonya.. itu yang nampang di blogku, kepotong sampe pinggang doank... jadi bagian 'itu'nya gag kefoto... :D

    banyak yang salah sih nyangkain itu pestol.. padaal cuman sambungan dari umbilical cord aja... :D

    BalasHapus
  13. Terharu sekali baca postingan ini. Perjuangan seorang ibu untuk memberikan ASI kepada anaknya di sela2 kegiatan ibadahnya. InsyaAllah Faiz jadi anak sholeh ya...

    BalasHapus
  14. Dear mb rahmi, sy ada rencana akhir desember ini pergi umroh, dgn kondisi meninggalkan baby usia 4bln. Saya ingin tanya2 sama mbak utk kesiapan dan pelaksanaan disana masalah pumping. Jika berkenan, saya tunggu email mbak di marissa.rahmadhany@gmail.com
    Trims sebelumnya :)

    BalasHapus
  15. Maaf baru baca komennya mbak Marissa.... Sudah telat ya klo email emailan.

    BalasHapus
  16. Mbak ini no hp ku 082166666636 mau tanya soal asip karna saya mau umroh jg...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mon maap saya agak jarang buka blog... baru baca pesannya...

      Hapus
    2. Karena saya jarang buak blog, jika ada yang mau tanya2 bisa diemail ke rahmisukma@yahoo.com
      Semoga bermanfaat...

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Warso Farm

Lebaran #diRumahAja

Bahagia #DirumahAja