Tipih ow Tipih....

"Ma... Aku mau itu Ma..." *sambil nunjuk iklan maenan disela-sela pelem kartun yang diiklankan tipi pada Minggu pagi*

Kadang Uda Ghazy telpon Mama di kantor:

"Ma beliin aku S*G**D ya... yang ada hadiahnya itu loh...." *abis nonton iklan tipih deeeh*


Maukan anda menjadikan tivi sebagai baby sitter? NO WAY!

Uda Ghazy memang sering laper mata. Tapi ini hanya salah atu efek dari iklan di tipih. Hanya menonton beberapa kali saja sudah kepengen mencobanya. Sebagai ortu, aku merasa kawatir pada acara-acara tipih. *palagi klo sampe jatuh cinta dengan tipih.*

Dalam sebuah pertemuan di skolah Uda Ghazy beberapa waktu yang lalu, Ibu Ery Sukresno *seorang psikolog* menyatakan bahwa bahaya content tipih sudah pasti ada, tapi lepas dari itu bahaya menjalankan nonton tipih itu sendiri juga sangat besar. Ketika lahir seorang bayi memiliki 10 milyar sel otak dalam otaknya. Namun sel-sel tersebut belom tersambung. Agar berfungsi, sel-sel otak tersebut harus saling terkait (wiring). Untuk itu bayi harus diberikan stimulus melalui gerakan, nyanyian, obrolan dan gizi yang baik. Disaat anak nonton tipih tidak terjadi wiring. Karena disaat nonton tipih impuls di otak malah tidak ada. *coba bandingan, tidur saja impuls di otak masi ada loh jreng!* Jadi untuk perkembangan otak anak, akan lebih bermanfaat anak itu tidur daripada nonton tipih..... Wekekekekkek.....

Selain itu gambar-gambar di telepisi juga terdiri dari potongan2 gambar yang zoom in, zoom out, dan gerakan yang cepat. Setiap menit menampilkan gambar yang tidak kontinu dan linier. Ini menjadikan pola kerja otak anak-anak dieksploitasi begitu rupa. Ini mengganggu kemampuan konsentarasi anak. Syerem kan?
Ada lagi penelitian yang melibatkan lebih dari 2.500 anak menyebutkan bahwa satu jam menonton tipih sehari pada anak-anak usia 0 sampai tiga tahun akibatnya baru tampak ketika mereka berusia sekitar tujuh tahun. Sebagian anak itu mengalami problem berkonsentrasi. Nha loooh!

Content acara tipih? Film kartun anak sekalipun ada juga yang mengandung kekerasan. Bukan berarti semua kartun itu aman loh buat anak-anak. Coba saja sebut film Tom and Jerry ato Donald Duck dimana ada adegan pukul-pukulan antara Tom dan Jerry. Kalo anak batita belum mengerti bisa saja terjadi ia akan memukul mukul bak Tom dan Jerry. Pantes aja di Inggris pelem ini tidak diputarkan ke anak-anak. Weleh-weleeeeh...
Ada juga lah acara tipi telepisi yang positif bagi anak. Film kartun yang relatif aman misalnya Winnie The Pooh dan Dora the Exporer.

Bukan brarti Ghazy dah bebas tipih.Sebagai Ortu bekerja aku makin kwatir karena menitipkan anak-anak dengan pengasuhnya. Walopun setiap mo brangkat mengingatkan Mbak-Mbaknya untuk membatasi nonton tipih. Tapi prakteknya juga ga gampang. Kbetulan aku ga gitu suka banged nonton tipih. Yang jelas harus konsisten. *konsisten baik loh ya....* Kalo Maknya nonton, anak-anak suruh belajar mana mempan tuh.

Belakangan ini Uda Ghazy dan Adek diusahakan untuk lebih cinta buku daripada media lain. Uda Ghazy memang tidak terlalu suka baca dan Adek Haura juga belom bisa baca. Membutuhkan energi yang lebih besar karena aku musti menciptakan suasana menyenangkan dengan buku. Setiap menjelang tidur membaca buku rame-rame dan setiap bepergian dioleh-olehin buku. Mama dan Bapak juga brusaha banyak membaca agar anak juga melihat bahwa Orang Tuanya juga mencintai Buku.

Jadi brapa lama waktu yang aman buat nonton tipih? Sumber ini mengatakan bahwa anak (batita) boleh menonton tidak lebih dari setengah jam. Sedangkan anak dibawah satu tahun belum fasenya menonton tipih. Dan tentang bahaya nonton telepisi bagi anak ada disini.

Owiyah, Selamat hari anak ya buat anak-anak tercintah..... *kmaren*

Komentar

  1. nih dia tante...caca doyan banget tom jerry gayanya jg kadang mo niruin pukul2 jd teteup waspada kite ngingetin itu ga boleh ditiru hehe...lha gmn kl nonton kartun mamanya jg bengong hehe....

    met hari anak ya buat uda n haura ^o^

    BalasHapus
  2. setuju bgd.. aku dah mulei mengenalkan buku sejak Ais umur 8 bulan.. pokoke sebelom 1 taun dia ga blh liat tv, bahaya bow kl ketagihan..

    BalasHapus
  3. Tanggal 23 Juli kemarin, pemerintah dan ormas masyarakat mencanangkan "HARI TANPA TV" selama 24 jam penuh hari tersebut.

    Hal itu dalam rangka menyambut Hari Anak Nasional.

    Tapi gaung seruan ini kurang bergema...soalnya TV gak ada yg meliput,. mereka ketakutan rugi..hi..hi..

    BalasHapus
  4. Hallo haura..salam kenal...ma kasih ya udah maen-maen ke blognya azka...sering-sering mapir yaa...ttg tipi...ih...koq ngeri banged yaa dampaknya...sama ga ya ama nonton dvd dampaknya? jadi binun...maklum ibu kerja juga siy...

    BalasHapus
  5. bener bun, kurangi jatah nonton TV, acaranya udah banyak yg "ngawur" mendingan diajak maen aja deh :)

    BalasHapus
  6. hiks.. Naila masih suka banget liat tivi. sejauh ini sih, sebisa mungkin kita ngalihin.. walaupun aku sebenernya juga ga maniak tivi (lebih maniak musik dan komputer.. hehe...). sekarang Naila lagi tertarik sama komputer Bunda... emaknya suruh main game mulu coba.. kacauuu.. kayaknya efeknya juga ga bagus ya :(. kalo soal buku sih sebenernya dia juga suka.

    BalasHapus
  7. Nah, bener banget mbak. Aku mbolehin Nikki nonton tipi juga lom lama. Selama ini nontonnya cuman backyardigans doang (30 menit). Soalnya isinya cuman cerita+nyanyi+nari. Hehehe :D

    Klow spongebob aku gak bolehin nonton. Soalnya sering ngumpat2 ke temennya. :(

    BalasHapus
  8. Rafa juga suka nonton TV. tapi kami batasin cuma playhouse disney, nastional geoghrapic, discovery channel dan animal planet.

    yg susah jadi ibu perkerja luar rumah kaya kita gini, ikut tanggung jawab...tapi susah ngawasin

    BalasHapus
  9. wahh...nonton DVD sama ajah ya ternyata...jadi binun nih...secara kita ini kan ibu bekerja gimana yaa...owiya silahkan di link mbak..boleh aku link juga kan?

    BalasHapus
  10. Salam kenal juga yah mbak..
    makasih udah mampir..nanti aku link yah mbak..
    setuju deh masalah TV nih. Aku jarang ngebolehin Zebby nonton TV di Malaysia, kalo di Indonesia, malah aku ngga ngebolehin sama sekali. Soalnya kadang2 pas acara anak2 pun, masih kesisip cuplikan sinetron yg gampar2an.Mendingan ngeluarin uang dikit, beliin VCD, jadi ngga usah nonton TV.Kadang kartun pun kalo yg bangsa Superman, atau yg ganas2, aku ga bolehin.
    Tapi sekarang kalo kita ga ngeh ada acara yg jahat2 itu, Zebby udah bisa minta ganti chanel karena dia sendiri yg bilang "that's not good, change it.." hehehe...

    BalasHapus
  11. TV? aiih..si ayra mah nggak nolak, tapi dia agak 'pintar' memilih.. :D, dia cuma mau yg spt dora; winnie; chalk zone; kecuali spongebob yg bikin aku setengah hati.., pernah sekali ke tonton yg model tom & jerry itu, sebelum aku ngoceh..dia udah bilang duluan; 'ganti dong, ini nggak bagus.., berantem mulu' hi..hi..hi.., emaknya seneng bener.., btw, Uda.., adik dan Tante Rahmi..makasih yaa.., ayah udah jauh lebih baik tangannya..abang yg anter ayah ke dokter :)

    BalasHapus
  12. Disini , ada program baru yang namanya Baby first TV, ini TV khusus buat anak anak umur 6 bulan - 3 tahun, nggak ada iklan dan semuanya memang mendidik dan ada program2 yang khusus buat kebutuhan anak, misalnya kreatifitas/art,motorik, vocabulary, itupun masih nggak diizinkan si anak nonton sendiri,seorang ahli anak yang suka tampil di TV itu menyarankan buat nonton bareng biar anak bisa kita kasih pengertian dan berinteraktif dengan program TV itu.
    Kalau iklan tuh emang racun buat anak, keponakan dulu dijakarta tiap ada iklan chiki dia langsung minta uang dan lari ke toko sebelah rumah.kalau nggak dituruti dia nangis meraung raung..nah kacau kan kalau anak kita begitu, kalau anakku pasti sudah aku cubit, tapi salah bukan kesalahan si anak sih,kita sebagai orangtua yang harus pintar kasih batasan kapan dia bisa nonton TV .
    Semoga kita bisa jadi orangtua yang baik.
    BTW..kok tahu sih suku kami Chaniago? aku pernah bilang ya? hehehe kalau Rahmi apa?

    BalasHapus
  13. tom and jerry tuh pilm kriminal kelas berad banged deh, bukan cuman buat anak2 buat yg gede juga sering mempengaruhi, jadi kalo abis nonton itu, pengennya gebug2 dan kejer2an ajah:D..

    ayo Mbak, harus bikin anak2 suka sama buku *PR buat gw juga siy kalo beranak nanti*...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Warso Farm

Lebaran #diRumahAja

Bahagia #DirumahAja