The Heritage of Penang

Penang sungguh kota heritage, dengan bangunan yang asli dan khas. Di beberapa wilayah terlihat bangunan yang sudah tua, dengan desain asli zaman dulu.



Pada hari ketiga kami pindah hotel untuk cari suasana lain. 
Wilayah Georgetown tidak terlalu luas sehingga perjalanan sebenernya bisa dilihat dari patokan KOMTAR. Dari sudut manapun KOMTAR telihat. Kami pindah ke pinggir pantai, tepatnya hotel Bayview... tidak jauh dari Esplanade atau alun alunnya kota Penang, juga benteng fort Cornwallis dan Victoria clock.... Tinggal jalan kaki sih. begitupun jika mau ke little india juga masih terjangkau dengan berjalan kaki.
Masuk ke fort cornwallis membayar  20 RM  untuk dewasa dan untuk kanak kanak 10 RM. Benerapa bagian sedang renovasi. 






Fort cornwallis sering digunakan untuk acara acara, tersedia panggung di sini. 
Lepas dari benteng ini, tak jauh terlihat jam yang besar seperti jam gadang.


Victoria Clock aka Jam Gadangnya versi Penang


esplanade playground atau alun alunnya Penang




oh iya mau bercerita sedikit mengenai kuliner di Penang. Karena  Penang adalah kota multikultural maka tidak semua makanan di sini halal. Ada daerah yang menjual makanan halal dan ada juga yang tidak ada. Paling aman makan nasi lemak ( seperti nasi uduk dengan ayam goreng dan telor mata sapi dan teri kacang), atau nasi kandar dengan kuah kari. Yang paling pas di lidah saya adalah sup sapi / ayam / kambing di  restoran Hameed. Harganyapun terjanhkau. Makan berlima dengan tambahan roti canai dan minum teh tarik hanya 43 RM. 



Foto di atas tak begitu jauh dari lokasi bayview. Tapi juga ada di sekitar KOMTAR. Roti canai yang dijualnya pun enak bingid. Kakak sukak banged dengan canai karee nya.



Nasi Kandar Beratur di atas persis di samping Masjid Kapitan Keling. Namun saat kami lewat antrian cukup panjang sehingga belum kami coba. Sekilas keliatan enak dan beberapa referensi bilang enak siiiih.

masjid Kapitan Keling, masjid tertua di Penang


Tips jalan jalan di Penang...
1. Di sini makanan ada yang halal dan tidak halal. Biasanya jika tidak halal pelayan memberi tahu. Amannya makan di resto Muslim India atau Melayu.
2. Naik kendaraan umum seperti bus sangat praktis. Ada bis free untuk keliling kota namanya CAT namun jam lewatnya agak jarang. Jika mau cepat gunakan Bus berbayar namanya Rapid Bus. Bayarnya 2 RM / 4 RM per orang. 
Namun jika group praktis juga gunakan grab.
3. Jika ingin wisata sekitar KOMTAR atau menggunakan Bus untuk menginap ada baiknya cari hotel sekitar KOMTAR. Namun bisa juga gunakan hotel lainnya namun lebih enak di sekitar Georgetown.
4. Beberapa lokasi mengekspose pemandangan kota Penang dari ketinggian yakni The TOP melihat Penang dari lantai 68 begitu juga Penang Hill juga eksposes pemandangan Penang dari bukit bendera. Datang ke Penang kudu ke Penang Hill karena jika ke sini akan bisa wisata bebrapa alternatif seperti The Habitat, toys museum, owl Museum dll.
5. Di bandara dan hotel tersedia leaflet ada baiknya pelajari leaflet untuk memilih alternatif wisata yang akan dikunjungi.

To be continued...



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Warso Farm

Lebaran #diRumahAja

Bahagia #DirumahAja